Sunday, October 21, 2012

Batas Kolesterol Normal

Kadar kolesterol yang normal berkisar antara 160 dan 199 mg / dl. Jika tingkat darah turun di bawah 160, bisa berisiko meningkatkan depresi, kanker, stroke, air mata dalam aorta dan gangguan pernapasan.

Jika tingkat darah lebih 199 dengan jangka waktu yang lama, bisa berisiko terkena penyakit jantung dan stroke, sampai kematian.

Dengan peningkatan penggunaan obat statin untuk menghambat produksi tubuh dari kolesterol, telah terjadi peningkatan kekhawatiran tentang kemungkinan penurunan tingkat di bawah 160, yang dapat menyebabkan penyakit yang sama bahwa obat yang dirancang hanya untuk mencegah. Namun yang terpenting adalah menjaga keseimbangan tubuh agar kesehatan selalu terjaga.

Jika Anda kebetulan akan mengambil statin, penting untuk meminta dokter memeriksa darah Anda secara teratur, terutama jika Anda mulai mengalami depresi, kesulitan bernapas atau kehilangan libido. Penurunan gairah seks merupakan gejala hipo-cholesterolemia, didefinisikan sebagai tingkat total di bawah 160.

Hal ini juga penting, saat mengambil obat statin, sebaiknya anda memberitahukan ke dokter tentang penyakit otot kaki. Dengan melalui kolesterol yang telah diproduksi, statin juga mengganggu produksi tubuh dari koenzim Q10, yang penting untuk otot.

Selain kisaran normal kadar kolesterol dan produksi koenzim Q10 , data darah Anda harus mencakup perkiraan tingkat HDL (high density lipoprotein) dan (low density lipoprotein) LDL partikel dalam aliran darah. Idealnya, LDL harus di bawah 100mg/dl dan konten HDL harus di atas 50mg/dl. Berikut adalah beberapa pembahasan yang penting untuk anda simak.

Pertama, Anda perlu memahami pentingnya LDL dan HDL partikel. Bahkan jika jumlah total dalam kisaran normal kadar kolesterol, LDL dan HDL partikel masih bisa berdampak pada kesehatan jantung Anda.

Partikel LDL yang lebih kecil dan kurang padat. Mereka bisa menjadi terperangkap dalam dinding arteri. Jika oksidasi terjadi, tubuh akan memproduksi lebih banyak molekul inflamasi, sebagai respon terhadap cedera yang dirasakan. Partikel-partikel teroksidasi dapat terus membangun dan peradangan dapat terus memburuk sampai akhirnya arteri menjadi sangat sempit. Hasilnya bisa mati.

Jika Anda berada dalam kisaran normal kadar kolesterol, namun partikel LDL Anda lebih 129mg/dl, Anda mungkin perlu mengubah diet Anda atau mempertimbangkan untuk mengambil suplemen yang membantu meningkatkan partikel HDL. Partikel HDL rendah, terutama tingkat yang lebih rendah dari 35mg/dl juga berbahaya, karena HDL membantu membersihkan aliran darah dari lemak, sebelum mereka bisa menjadi teroksidasi.

Hal yang dikenal untuk meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan mengurangi HDL (kolesterol baik) adalah minyak sayur terhidrogenasi parsial, juga dikenal sebagai trans-fatty acid. Hal dikenal memiliki efek berlawanan (meningkatkan HDL dan menurunkan LDL) termasuk minyak dedak padi dan Pitosterol.

Beberapa suplemen kesehatan yang baik untuk anda dan dapat membantu Anda menormalkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda khawatir tentang kadar kolesterol Anda, maka konsultasikan dahulu ke dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan suplemen kolesterol alami untuk mengurangi atau menurunkan kolesterol tinggi.

Untuk melengkapi  pengetahuan Anda seputar pengetahuan batas kolesterol yang dijadikan landasan ukuran internasional, berikut kami lampirkan tabel ambang batas kolesterol dari American Heart Association (AHA):

KADAR KOLESTEROL TOTAL KATEGORI
<200 mg.dL Kadar yang diinginkan akan menempatkan pada risiko rendah terjadinya penyakit jantung koroner. Jika terdapat pada kadar 200 mg/dL maka dapat meningkatkan risiko.
200-239 mg/dL Risiko tinggi perbatasan
240 mg/dL Kolesterol darah tinggi. Seseorang dengan kadar ini memiliki risiko penyakit jantung koroner dua kali lipat dari seseorang yang kadar kolesterol <200 mg/dL


KADAR KOLESTEROL HDL KATEGORI
<40 mg/dL (laki-laki) Kolesterol HDL rendah. Faktor risiko utama penyakit jantung
<50 mg/dL (wanita)
³60 mg/dL Kolesterol HDL tinggi. HDL ³60 mg/dL tergolong protektif terhadap penyakit jantung


KADAR KOLESTEROL LDL
KATEGORI
<100 mg/dL Optimal
100-129 mg/dL Mendekati atau melewati optimal
130-159 mg/dL Perbatasan tinggi
160-189 mg/dL Tinggi
190 mg/dL Sangat tinggi

Kunci untuk mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL adalah diet seimbang, makanan rendah lemak, olah raga secara teratur dan satu lagi stop merokok karena bisa menurunkan jumlah kolesterol HDL dalam tubuh.

Info kesehatan di atas semoga bermanfaat untuk anda semua, terima kasih telah berkunjung ke blog saya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment