Thursday, October 18, 2012

Penyebab Kolesterol Tinggi

Tahukah kamu jika jenis makanan yang biasa kita konsumsi bisa berpengaruh terhadap kadar kolesterol dalam darah. jika kita mengatur pola makanan yang sehat bisa menjaga keseimbangan dan menjaga kesehatan kita secara menyeluruh. Kolesterol adalah komponen lemak yang diperlukan oleh tubuh antara lain zat gizi, protein, vitamin, karbohidrat dan mineral.


Namun yang perlu diwaspadai adalah kadar kolesterol yang tinggi yang menyebabkan aliran pada darah menjadi kental karena banyak mengandung lemak.lemak tersebut bisa menumpuk di dinding pembuluh dara dan mengganggu kelancaran peredaran darah. Akibat dari penumpukan lemak tersebut sangat mengganggu persediaan oksigen di dalam tubuh dan menjadikan kadar oksigen dalam darah berkurang.


Akibat kurang oksigen biasanya timbul gejala gejala seperti pegal pegal, kesemutan, dan sakit kepala. Nah, buat kamu tak ada salahnya jika mengetahui kadar kolesterol dengan melakukan pemeriksaan darah untuk lebih mengetahui apakah kadar kolesterol dalam tubuh baik atau membahayakan.

Penyebab kolesterol :

Pada umumnya penyebab kolesterol tinggi disebabkan oleh makanan, namun ada penyebab yang lain juga lho dan wajib diperhatikan.

- Stop merokok
Merokok juga bisa mengakibatkan kolesterol menjadi tinggi.

- Kelebihan berat badan
bukan hanya menganggu penampilan saja, berat badan juga bisa memicu terjadinya kolesterol tinggi.

- Kurang olahraga
Kurang berolah raga juga bisa meningkatkan kolesterol jahat (LDL)

- Makanan
Mulai lah dari sekarang mengatur pola makanan sehari hari untuk tidak berlebihan mengkonsumsi kambing, daging sapi, telur, mentega, susu dan keju.

- Faktor umur
kadar kolesterol akan selalu naik ketika berumur 20 tahun, Pada pria, kadar kolesterol umumnya terus menerus meningkat setelah usia 50 tahun. Pada wanita, kadar kolesterol tinggal akan turun saat menopause, setelah itu kolesterolnya cenderung tinggi seperti pada pria.

- Riwayat keluarga
Nah, jika keluarga kamu salah satunya memiliki kolesterol tinggi maka kemungkinan kamu juga bisa terkena kolesterol tinggi juga.





No comments:

Post a Comment