Thursday, December 27, 2012

Cara Alami Menurunkan Kolesterol


Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan di semua jaringan hewan, termasuk manusia, dan ditemukan dalam semua makanan yang berasal dari sumber hewani. Sumber makanan tertinggi kolesterol berasal dari kuning telur dan daging organ seperti hati atau ginjal.

Ada dua bentuk utama dari kolesterol yaitu low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). Kolesterol LDL dianggap kolesterol jahat karena tujuan utamanya adalah untuk memberikan kolesterol ke sel. Hal ini diangkut melalui aliran darah dan cenderung menurunkan sepanjang jalan, menyumbat arteri dan pembuluh darah, dan berkontribusi terhadap pembentukan plak. HDL kolesterol di sisi lain adalah untuk menghilangkan kolesterol LDL dari sistem peredaran darah dan mengembalikannya ke hati dan menghapusnya dari tubuh.

Bagi orang yang memiliki tingkat kolesterol LDL hal pertama dokter akan merekomendasikan adalah diet menurunkan kolesterol. Hal ini dapat mencakup makan makanan rendah kolesterol dan menghapus lemak jenuh dari diet. Tapi ada juga cara lain untuk membantu menurunkan kadar kolesterol LDL lebih rendah dan mereka termasuk:

1. Olah raga

Dengan berolah raga kita dapat menurunkan kolesterol hanya 30 menit latihan, 3 atau 4 kali seminggu secara signifikan dapat menurunkan risiko besar dalam hidup yang mengancam penyakit. Jadi mengapa olahraga bisa menurunkan kadar LDL kolesterol?

Energi yang dibutuhkan tubuh untuk berolahraga berasal dari gula, lemak, dan protein. Setelah gula dan protein yang dibakar tubuh berubah menjadi lemak yang harus dikonversi ke bentuk energi terpakai. Untuk melakukan hal ini hati meningkatkan hasil kolesterol HDL yang bersirkulasi melalui aliran darah mengambil kolesterol LDL yang diubah menjadi energi untuk digunakan selama latihan.

2. Makan lebih banyak serat larut

Sebenarnya penting untuk mendapatkan banyak dari kedua jenis serat, larut dan tidak larut, tetapi dalam kasus serat kolesterol dari buah-buahan dan sayuran adalah yang paling penting.

3. Beras merah

Banyak obat statin dibuat untuk mengontrol kolesterol yang terbuat dari beras merah. dengan mengkonsumsi beras merah secara efektif dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

4. Hindari stres

Terlalu stres dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan orang yang mengkonsumsi makanan diet untuk menurunkan kolesterol tetapi memiliki tingkat stres yang tinggi juga tidak mendapatkan hasil.

5. Stop merokok

Jika Anda merokok, Anda lebih baik berhenti. Merokok meningkatkan penumpukan plak di arteri dan dapat memperburuk yang mempengaruhi tingkat tinggi kolesterol LDL.

Mengurangi tingkat kolesterol LDL sangat penting dalam pencegahan arteri koroner dan penyakit jantung. Hal ini juga penting untuk bekerja sama dengan dokter Anda untuk membantu memastikan bahwa langkah-langkah yang Anda ambil untuk menurunkan kolesterol bisa bekerja.

No comments:

Post a Comment