Monday, November 12, 2012

Batas Normal Kolesterol


Meskipun kolesterol melayani peran esensial dalam menjaga tubuh kita dalam kesehatan namun perlu diperhatikan juga kolesterol bisa berbahaya buat tubuh, berbahaya karena terlalu banyak di dalam tubuh.

sekitar 80% dari kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh secara alami di hati. Sisanya diperoleh melalui cara-cara diet. Namun ketika terlalu banyak kolesterol yang dikonsumsi melalui diet berarti maka tingkat kolesterol menjadi tinggi dan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan. Penebalan arteri merupakan konsekuensi umum dari kolesterol tinggi. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular lainnya. Jadi berapakah tingkat normal kolesterol?

Total kolesterol:

Kurang dari 200 mg / dl adalah hasil yang diinginkan / normal.

200 mg / dl ke 239mg/dl dianggap berisiko tinggi.

240 mg / dl dianggap berisiko tinggi untuk penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Kolesterol total mencakup LDL dan kolesterol HDL.

Kolesterol LDL dianggap kolesterol jahat karena cenderung menempel pada dinding arteri yang menyebabkan terjadinya aterosklerosis dan akhirnya penyakit jantung.

Pedoman untuk LDL kolesterol adalah:

Kurang dari 100mg/dl optimal

100mg/dl menjadi 129 mg / dl sudah dekat optimal

130mg/dl ke 159mg/dl adalah batas tinggi

160mg/dl ke 189mg/dl tinggi

190mg/dl sangat tinggi

NB :  (mg / dl singkatan miligram kolesterol per desiliter darah)

Kolesterol HDL dianggap kolesterol baik karena membantu transportasi kembali kelebihan kolesterol ke hati dimana akan diekskresikan.

Pedoman untuk kolesterol HDL adalah lebih tinggi lebih baik. Ambang batas 40mg/dl untuk pria dan 50mg/dl bagi perempuan.

Kunci untuk mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL adalah makan diet sehat makanan rendah lemak, anda juga harus berolahraga secara teratur, berhenti merokok karena menurunkan jumlah kolesterol HDL dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment