Wednesday, November 14, 2012

Penyebab Penyakit Kolesterol


Banyak yang beranggapan penyakit kolesterol hanya menyerang pada orang yang berbadan gemuk dan usia tua saja, jika di telusuri lebih dalam lagi penyakit kolesterol tumbuh akibat pola makan yang tidak seimbang juga menjadi penyebab timbul nya koleserol.

Makanan yang banyak mengandung kolesterol dengan kadar lemak jenuh akan meningkatkan kadar penyakit kolesterol LDL (Low Density Lipoproteins), Trigliserida, dan Lp(a) dalam darah.

Berikut makanan yang bisa anda cegah untuk menghindari terjadinya penyakit kolesterol, Antara lain yaitu :

♦ Gorengan

Makanan camilan seperti gorengan sebaiknya anda hindari sejak dini sebab mengandung lemak trans yang tidak baik untuk anda.

♦ Daging merah

Daging merah juga mengandung lemak tinggi, jika anda mengkonsumsi daging merah ini terlalu sering maka menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah. apa saja yang termasuk daging merah? daging kambing, sapi dan unggas.

♦ Daging olahan

Daging olahan yang dikemas biasanya mengandung pengawet seperti nugget, sosis, kornet, dll.

♦ Susu

Susu yang mengandung lemak tinggi juga menjadi penyebab penyakit kolesterol, namun bagi anda yang suka dengan susu bisa mengkonsumsi susu yang rendah lemak, bisa juga dengan susu kedelai.

Selain itu faktor keturunan, kelebihan berat badan (obesitas), merokok serta jarang berolahraga merupakan penyebab umum penyakit kolesterol.

No comments:

Post a Comment