Wednesday, November 21, 2012

Pengertian Kolesterol


Untuk memahami kolesterol baik dan buruk, kita perlu memahami fungsi lipoprotein dan bagaimana mereka bekerja. LDL, yang dikenal sebagai low-density lipoprotein adalah "buruk" dan HDL, yang dikenal sebagai high-density lipoprotein adalah "baik". Tubuh Anda mengandung kedua lipid serta trigliserida dan Lp (a) yang membentuk jumlah kolesterol total. Ini zat lilin yang diproduksi di hati dan sangat penting dalam berfungsinya tubuh Anda.

LDL beredar dalam aliran darah dan perlahan-lahan menumpuk di arteri dan memasok oksigen ke otak dan jantung, Hal ini penting dalam arteri. Ketika dikombinasikan dengan bahan lain, plak terbentuk. Plak adalah deposito, keras tebal yang menyebabkan arteri menjadi kurang fleksibel dan menyempit. Aterosklerosis adalah kondisi yang dihasilkan dari plak ini. Ketika suatu bekuan terbentuk, arteri yang menyempit dan dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung.

HDL membawa sekitar dua puluh lima persen dari total kolesterol darah. Tingkat HDL yang tinggi dapat mencegah serangan jantung, sedangkan tingkat rendah dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner.

Trigliserida adalah jenis lemak yang dibuat oleh tubuh. Obesitas, diet tinggi karbohidrat, alkohol yang berlebihan, merokok tembakau dan gaya hidup dapat meningkatkan kadar trigliserida. Kadar trigliserida biasanya tinggi pada orang dengan LDL tinggi dan tingkat HDL, serta mereka dengan diabetes dan penyakit jantung.

Lp (a) adalah variasi genetik dari low-density lipoprotein. Sebuah Lp tingkat (a) tinggi adalah tanda peringatan yang cukup untuk perkembangan prematur deposito lemak di arteri.

Jenis makanan tertentu dapat meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kadar LDL. Buah-buahan segar dan sayuran mentah, kacang-kacangan dan lentil, bubur, tuna segar, salmon, makarel, ikan haring, kacang pistasi, kacang tanah, kacang mete, almond, alpukat, minyak lobak dan minyak zaitun adalah semua makanan yang baik untuk HDL. Makanan yang meningkatkan LDL Anda termasuk kelapa sawit, minyak kelapa, makanan berlemak, gajih, krim, kue, biskuit, produk daging, daging berlemak, keju keras dan mentega.

Diet yang seimbang dan sehat dapat menurunkan tingkat kolesterol total Anda secara signifikan. Lemak tak jenuh adalah tidak cocok untuk diet sehat. Lemak tak jenuh ganda mengurangi tingkat total. Omega-3 asam lemak yang terbaik, sehingga ikan berminyak harus dimakan setidaknya sekali setiap minggu. Memahami makanan yang baik dan buruk kolesterol, akan membantu Anda meningkatkan kolesterol baik dan menyehatkan tubuh anda.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment