Thursday, November 8, 2012

Mencegah Kolesterol Tinggi


Kolesterol tinggi adalah ketika low density lipoprotein (LDL) meningkat di atas normal, dan high density lipoprotein (HDL) menurun terlalu rendah yang mengakibatkan ketidakseimbangan dalam tubuh, dan berisiko lebih besar terkena tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung dan diabetes.

Kolesterol total harus sekitar 200 atau di bawah ini, kadar kolesterol LDL harus antara 70 hingga 129, dan tingkat HDL harus sekitar 60 untuk kesehatan optimal.

Kolesterol tinggi bisa dicegah dengan tips berikut :

1. Diet Tinggi Serat

Cara terbaik untuk mencegah kadar kolesterol tinggi adalah dgn diet sehat yang terdiri dari banyak makanan berserat tinggi seperti buah-buahan segar dan sayuran. Serat sangat penting karena membantu untuk menghilangkan kolesterol jahat dari usus sebelum diserap ke dalam tubuh. Hal ini secara alami akan membantu untuk mencegah dan menurunkan kolesterol tinggi, dan pada saat yang sama meningkatkan tingkat HDL.

2. Lemak tak jenuh tunggal

Lemak tak jenuh tunggal dapat ditemukan dalam makanan seperti kenari, kacang tanah, almond, pistachio, alpukat, biji bunga matahari dan biji wijen. Ini termasuk lemak sehat, penelitian telah menunjukkan bahwa tidak hanya mencegah kolesterol tinggi, tetapi mereka juga dapat mengurangi tingkat kolesterol yang terlalu tinggi.

3. Olah raga

Olah raga tidak hanya membantu tubuh tetap kuat, tetapi juga membantu untuk meningkatkan sirkulasi dan membatu mengeluarkan racun berbahaya yang terbungkus dalam jaringan lemak.

Lakukan olah raga 3 sampai 5 kali per minggu sudah cukup untuk mencegah kadar kolesterol tinggi.

4. Mengurangi Stres

Stres dapat menyebabkan seseorang menjadi frustasi dan tentunya makanan atau minuman tidak sehat dikonsumsi mereka, seperti alkohol atau rokok dan obat-obatan. Studi menunjukkan bahwa zat dan diet yang tidak sehat dapat mempengaruhi kadar kolesterol.

Pastikan anda istirahat cukup juga dapat membantu mengurangi tingkat stres. Yoga dan meditasi sehari-hari juga dapat membantu tubuh untuk mengatasi situasi atau tingkat stres menjadi lebih baik.

No comments:

Post a Comment