Tuesday, November 20, 2012

Minuman Penurun Kolesterol


Bila kadar kolesterol Anda mencapai tingkat puncak atau sangat tinggi kemungkinan besar anda mengalami serangan jantung, stroke, dan penyakit lain yang disebabkan oleh penyumbatan arteri. Ketika tingginya tingkat kolesterol LDL menempel pada dinding arteri Anda, risiko akan timbul seperti pembekuan arteri.

Kolesterol jahat sangat berbahaya untuk kesehatan kita maka dari itu sebaiknya hindari makanan atau minuman yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi seperti gorengan, keripik, daging, kue, junk food dan minuman yang mengandung kafein.

Untuk menurunkan kolesterol memang tidak mudah dibutuhkan keseriusan dan ketelatenan dalam mengobatinya, kolesterol dapat dikurangi dengan mengubah pola makan serta olah raga secara teratur tidak hanya itu saja beberapa jenis minuman juga mampu menurunkan kolesterol secara efektif.

• Jus anggur merupakan sumber yang kaya polifenol, antioksidan serta memiliki kemampuan untuk menghambat agregasi platelet sehingga mengurangi penyumbatan di pembuluh darah selain itu dapat meningkatkan kolesterol HDL yang baik dan secara signifikan menurunkan dua tanda peradangan (CD40 ligan dan superoksida). Peradangan memainkan peran penting dalam aterosklerosis.

• Teh hijau juga dapat menurunkan kolesterol, Minum teh hijau telah terbukti menurunkan LDL "jahat" dan melawan obesitas. Keduanya merupakan faktor risiko utama pada diabetes dan penyakit jantung. Sebuah penelitian di Belanda menunjukkan bahwa orang yang minum teh hijau, kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak. Dengan melawan oksidasi lemak, mereka mengurangi lingkar pinggang dan menyebabkan kehilangan lemak yang signifikan.

• jus jeruk segar merupakan salah satu sumber terbesar dari antioksidan, bioflavonoid, serat dan vitamin C. Hal ini juga membantu untuk menurunkan kolesterol.Berhati-hatilah untuk tidak minum jus terlalu banyak meskipun karena tinggi kalori. Satu gelas jus segar setiap pagi baik untuk anda.

No comments:

Post a Comment