Wednesday, November 21, 2012

Kolesterol Hdl


Apakah kolesterol HDL itu ?

Lemak (lipid) seperti kolesterol yang larut dalam air atau tidak dalam darah. Dalam rangka untuk tetap membawa dalam masing-masing daerah tubuh, mereka berada di dalam darah terikat dengan protein spesifik (protein). Senyawa lipid dan protein yang disebut lipoprotein. Lipoprotein HDL adalah yang terkecil dari tubuh. Mereka mengandung sekitar 25% dari total kolesterol dalam tubuh.

Melindungi terhadap aterosklerosis

HDL menyerap kelebihan kolesterol dari sel-sel tubuh dan membawanya ke hati. Kolesterol HDL yang tinggi melindungi terhadap aterosklerosis ("pengerasan arteri"). Di sini, menyimpan lemak dan jaringan ikat dari dinding pembuluh darah. Akibatnya, kapal dinding menebal dan mengeras. Darah tidak bisa lagi mengalir melalui pembuluh serta sebelum dan aliran darah terganggu. Dalam kasus ekstrim, benar-benar dapat menutup jalan pembuluh darah yang mengakibatkan terjadinya serangan jantung.

Kolesterol HDL dapat melindungi terhadap aterosklerosis dan komplikasinya oleh karena itu sering disebut sebagai "kolesterol baik". Di atas (> 60 mg / dl) kolesterol HDL bahkan dapat menetralkan faktor risiko aterosklerosis.

Ketika kolesterol HDL ditentukan?

Kolesterol HDL bertekad untuk menilai risiko aterosklerosis dan serangan jantung. Selain itu, tingkat HDL diukur untuk mengendalikan efek terapi penurun lipid, seperti obat penurun lipid, perubahan gaya hidup atau diet.

Nilainya ditentukan dalam serum darah atau plasma. Pasien harus makan 12 sampai 14 jam sebelum pengecekan darah atau minum dan tidak ada kopi atau susu. Dalam tiga hari terakhir sebelum sampel darah tidak boleh minum alkohol Semua ini bisa memalsukan pengukuran.

Ulasan HDL :

Rendah <40 mg / dl <1.0 mmol / l
Diterima 40-60 mg / dl
1,0-1,6 mmol / l
Tinggi> 60 mg / dL> 1,6 mmol / L

Rasio HDL dan LDL dapat digunakan untuk memperkirakan risiko penyakit jantung koroner (PJK):

LDL / HDL <3 → risiko PJK rendah
LDL / HDL 3-4 risiko PJK rata →
LDL / HDL> 4 → tinggi resiko jantung/stroke

Bersama dengan faktor-faktor risiko lain, dokter dapat menentukan keseluruhan risiko penyakit jantung koroner dan membuat rekomendasi, berapa banyak tingkat LDL harus diturunkan.

No comments:

Post a Comment