Monday, November 12, 2012

Ukuran Kolesterol Normal


Kolesterol dibagi menjadi 2 jenis yaitu kolesterol baik HDL (high density lipoprotein) dan kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein). kolesterol baik "HDL" akan membuang kolesterol yang sudah tidak terpakai oleh tubuh termasuk yang menempel di dinding pembuluh darah ke organ ekskresi untuk selanjutnya dibuang dari tubuh. sedangkan kolesterol jahat "LDL" menyebabkan kolesterol yang semula bebas dialiran darah menjadi menempel di dinding pembuluh darah. Akibatnya pembuluh darah menjadi menyempit dan kaku. Nah proses inilah yang mendasari risiko terjadinya penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, gangguan aliran darah ke bagian organ lain (termasuk saraf tepi) dan sebagainya.

Ukuran kadar kolesterol yang normal adalah total kolesterol < > 40 mg/dl, LDL kolesterol < 100 mg/dl.

Adapun jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol menjadi tinggi antara lain cumi cumi, kerang, daging, jeroan dan mentega.

untuk mencegah terjadinya kolesterol menjadi tinggi sebaiknya menghindari makanan yang menyebabkan kolesterol meningkat dan banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang segar serta olah raga secara teratur.

No comments:

Post a Comment