Wednesday, November 21, 2012

Diet Rendah Kolesterol


Kolesterol adalah zat lemak yang diproduksi oleh hati, Zat ini memiliki fungsi penting dalam tubuh dalam jumlah kecil dan itu sangat penting untuk tubuh. koleseterol di dalam tubuh mampu mensintesis vitamin D dan hormon (estrogen dan testosteron). Hati juga memanfaatkan kolesterol dalam produksi cairan empedu, zat yang digunakan untuk pencernaan lemak. Kolesterol meliputi membran luar sel darah dan melindungi mereka dari kerusakan.

Meskipun dalam jumlah normal, jika kolesterol kelebihan zat di dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit serius. Kadar kolesterol tinggi dalam darah merupakan faktor risiko yang paling penting dalam penyakit jantung dan bahkan dapat menyebabkan gagal jantung. Kelebihan kolesterol dalam tubuh, aliran darah dan deposito di tempat yang berbeda dari tubuh: arteri, jaringan lunak, organ. Bila kolesterol berpegang pada dinding bagian dalam arteri, dapat mengganggu aliran darah normal dan mencegah suplai oksigen ke organ-organ tubuh.

Usia, jenis kelamin dan internal gangguan, faktor-faktor yang memungkinkan akumulasi kolesterol dalam tubuh. Namun kekurangan gizi juga telah membentuk kontribusi yang besar bagi kolesterol darah. Diet rendah kolesterol dapat membantu tubuh menghilangkan kelebihan kolesterol dan dapat melewati akumulasi substansi dalam aliran darah. Diet rendah kolesterol juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih banyak dan meningkatkan kondisi fisik Anda secara keseluruhan.

Ada dua jenis lemak yaitu lemak jenuh dan tidak jenuh. Lemak jenuh memperbaiki kolesterol dalam tubuh, sedangkan asam lemak tak jenuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga meminimalkan kemungkinan terkena penyakit kardiovaskuler. Diet rendah kolesterol harus mengecualikan makanan Kaya lemak jenuh dan mengandung lebih banyak makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Karbohidrat sederhana yang dikandung oleh permen juga harus dikeluarkan dari diet rendah kolesterol Anda. Untuk memperbaiki pencernaan, meningkatkan serat alami dan karbohidrat kompleks.

Diet rendah kolesterol harus meminimalkan asupan produk hewani. Daging berlemak (babi, domba), daging organ (hati, jantung, ginjal) dan produk susu beberapa (kaya lemak susu, keju, mentega) harus dikeluarkan dari diet rendah kolesterol Anda. Produk hewani tidak hanya mengandung banyak kolesterol, mereka juga sangat tinggi lemak jenuh! Telur, daging, salami, sosis kaya lemak jenuh dan mereka juga harus dikeluarkan dari diet Anda. Ganti daging berlemak seperti ikan, karena rendah lemak jenuh dan kolesterol. Diet rendah kolesterol Anda mungkin memiliki beberapa produk susu jika mereka mengandung sejumlah kecil kolesterol dan lemak jenuh contohnya susu skim, yogurt.

Diet rendah kolesterol Anda harus kaya sayuran dan buah-buahan, karena mereka bebas dari kolesterol dan merupakan sumber kaya vitamin dan mineral. Mengkonsumsi banyak sayuran hijau,kedelai, wortel, kubis, buncis, kacang polong kering dan kentang dan buah-buahan segar seperti apel, pir, jeruk, dan lemon.

Hal terbaik untuk dilakukan adalah untuk menyiapkan makanan Anda sendiri. Diet rendah kolesterol harus banyak makanan rumahan seperti sup, kentang tumbuk dan salad. Hindari makanan yang digoreng dan mempertimbangkan memasak dengan cara memanggang atau dikukus. Juga, pastikan Anda minum cukup air, karena air dapat membantu mengeluarkan zat zat racun dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment