Wednesday, November 14, 2012

Ramuan Penurun Kolesterol


Jika kolesterol dalam darah meningkat kemungkinan besar terjadi akibat makanan yang di konsumsi, bagi penderita kolesterol membatasi makanan yang di larang merupakan wajib di lakukan untuk mencegah terjadinya kolesterol tinggi, jika kolesterol tinggi dibiarkan dan tidak segera di tangani maka timbulah penyakit lain seperti penyakit jantung atau stroke. kolesterol tinggi bisa diturunkan dengan menggunakan ramuan tradisional yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda.

Berikut resep yang bisa anda gunakan untuk menurunkan kolesterol :

Kemuning (Murraya paniculata (L) Jack)
Tumbuhan ini berhabitus pohon kecil (perdu), mempunyai variasi morfologi besar sekali, tinggi pohon bisa mencapai 8 m. Jenis ini tumbuh liar di semak belukar, tepi hutan atau ditanam orang sebagai tanaman hias pada dataran rendah sampai ketinggian 400 mdpl.

Daun tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat penurunan kadar kolesterol dalam darah dengan kandungan kimia alkaloid, flavonoid, steroid dan tanin.

Ramuan: Daun kemuning 20 gram dan air secukupnya. Cara pembuatan dan pemakaian: 20 gram daun kemuning direbus dengan 3 gelas air hingga air sisa 1 gelas. Minum sehari 3 kali sebanyak 1 gelas, dengan diberi madu 1 sendok makan.

Jati belanda (Guazuma ulmifolia Lamk)
Termasuk dalam famili Sterculiaceae, nama daerah jenis ini di Sumatera: jati belanda (Melayu); Jawa: jati londo (Jawa Tengah)
Tumbuhan ini berhabitus pohon, tinggi bisa mencapai 20 m, ditanam sebagai pohon peneduh, tanaman pekarangan atau tumbuhan liar. Tumbuh pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 800 mdpl.

Daun tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat penurun kadar kolesterol dengan kandungan kimia alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, lendir dan damar.

Ramuan: 20 gram daun dan 1 gelas air. Cara pembuatan dan pemakaian: ambil 20 gram serbuk daun Guazuma ulmifolia, diseduh dengan 1 gelas air matang panas, setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum sehari dua kali sama banyak pagi dan sore.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment