Friday, November 23, 2012

Makanan Non Kolesterol


Lemak merupakan komponen yang sangat penting dari diet kita sehari-hari, tetapi Anda harus menghindari lemak trans dan menggantinya dengan lemak tak jenuh sehat seperti minyak sayur. Kunci untuk menurunkan kemungkinan terkena serangan jantung adalah olah raga dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat LDL - (Low Density Lipoprotein) dalam tubuh Anda.

Sebagai aturan pertama Anda harus membatasi konsumsi lemak jenuh dalam diet harian Anda, Makanan hewani adalah jenis makanan yang mengandung kolesterol. makanan non kolesterol seperti buah buahan dan sayuran, jenis buah buahan yang bisa anda konsumsi antara lain apel, stroberi, blueberry, jeruk, dan prem semua ini adalah makanan alami yang kaya serat larut dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL serta meningkatkan kolesterol baik HDL.

Jenis makanan berserat lainnya yang bisa anda konsumsi adalah sayuran dan biji-bijian seperti lentil, kacang, kacang polong, brokoli, kedelai,, kenari, ubi jalar, oatmeal, dan kubis.

Tidak semua lemak jahat menempat di tubuh kita, sebenarnya tubuh kita sangat membutuhkan lemak. untuk itu ada baiknya jika anda mengkonsumsi lemak yang sehat, Omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal juga baik untuk menurunkan kolesterol. Minyak ikan kaya omega-3 asam lemak, Menurut studi terbaru mengatakan Omega 3 tinggi termasuk ikan memiliki 30 sampai 40 persen penurunan penyakit jantung. Omega-3 asam lemak membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan inflamasi serta penurunan trigliserida. Asam lemak ini juga membantu untuk mengurangi penyumbatan darah. Manfaat lain adalah bahwa mereka meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL-High Density Lipid).

Makan 3 porsi ikan dengan omega 3 dalam seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol. Anda dapat makan tuna atau ikan seperti salmon, teri, sarden dan makarel. Anda juga dapat melengkapi daftar makanan rendah kolesterol dengan kapsul minyak ikan. Anda juga bisa mendapatkan lemak tak jenuh tunggal dari minyak zaitun, minyak canola, alpukat, pecan, kacang tanah, kacang pistachio dan selai kacang dan selalu minum air putih setiap hari untuk membantu sistem pencernaan Anda dan memproses semua makanan dan membantu menurunkan kolesterol jahat.

No comments:

Post a Comment