Monday, November 12, 2012

Diet Kolesterol Dan Asam Urat


Diet kolesterol dan asam urat sejak dini sangat penting untuk mencegah hal hal yang tidak di inginkan. hal ini bisa dicegah dengan melakukan olah raga secara teratur serta mengatur dan menjaga asupan makanan ke dalam tubuh, memakan buah buahan yang mengandung serat seperti gandum, sayur, buah, kacang kacangan.

Pembatasan konsumsi zat purin dikhususkan bagi penderita gangguan asam urat. Sedikit banyak gangguan tersebut juga dipengaruhi oleh faktor gaya hidup dan pola makan. Diet rendah purin bertujuan untuk mengurangi makanan yang kaya akan kandungan purin seperti sarden, kangkung, jerohan, dan bayam. Jika pada kadar normal makanan sehari-hari ambang kandungan purin yang bisa ditoleransi adalah 600 – 1000 mg, maka pada program diet ini dibatasi berkisar pada 120 – 150 mg.

Dengan pembatasan kandungan purin tersebut, dapat menghasilkan penurunan kadar asam urat dalam darah dan melancarkan pengeluaran asam urat.

Diet kolesterol
Makanan yang harus dihindari seperti daging kambing, daging babi, udang, kuning telur, kornet, kerang, jerohan, susu, es krim, keju, kelapa, santan kental, mentega.

Makanan yang harus anda batasi adalah makanan serta minuman yang terlalu manis seperti sirup, es krim, dodol.

Dan makanan yang baik anda konsumsi seperti sayur sayuran dan buah buahan yang segar, tahu, tempe, kacang tanah, susu skim, ikan, putih telur, minyak jagung dan kacang tanah.

No comments:

Post a Comment