Friday, November 2, 2012

Kadar Kolesterol Normal Dalam Darah


Kolesterol adalah zat yang sangat penting untuk tubuh seperti melindungi saraf, membangun jaringan sel, dan membuat hormon-hormon tertentu.

Kadar kolesterol Anda diukur dalam miligram per desiliter darah (mg / dL) ada tiga langkah,
satu untuk kolesterol HDL, yang merupakan jenis kolesterol " baik " , satu untuk kolesterol LDL, yang merupakan jenis kolesterol " jahat ", dan satu untuk tingkat trigliserida Anda. Tingkat optimal kolesterol Anda akan bervariasi tergantung pada tinggi badan Anda, berat badan, jenis kelamin, usia, tekanan darah, dan sejumlah faktor keturunan dan gaya hidup lainnya - termasuk apakah atau tidak Anda merokok.

Jika tingkat Anda dari HDL, LDL, trigliserida dan kolesterol berada dalam batas normal, dan tingkat kolesterol total Anda kurang dari 200mg/dl, maka Anda diklasifikasikan sebagai memiliki risiko rendah untuk mengembangkan penyakit jantung koroner dan kondisi terkait kolesterol. Tingkat kolesterol total antara 200-239 dianggap batas-risiko tinggi untuk kondisi seperti itu, dan jika jumlah LDL Anda tinggi, sementara tingkat HDL Anda rendah, maka Anda dapat dianggap berada dalam kelompok risiko tinggi. Tingkat kolesterol total 240mg/dL atau lebih berarti Anda memiliki lebih dari dua kali lipat risiko penyakit jantung koroner daripada seseorang dengan tingkat yang diinginkan atau kolesterol.

Pria harus memiliki lebih dari 40mg/dL kolesterol HDL, dan perempuan harus lebih dari 50mg/dL kolesterol HDL. Kolesterol HDL lebih dari 60 mg / dL dapat terhindar dari komplikasi jantung tertentu. Tingkat rata-rata sedikit lebih rendah daripada untuk pria dan wanita, dan tingkat dikurangi dengan merokok, dan obesitas. Untuk meningkatkan dan mempertahankan tingkat HDL yang tinggi, Anda harus mencoba untuk berhenti merokok, makan makanan sehat, dan banyak olah raga.

Umumnya, orang dengan tingkat trigliserida tinggi memiliki tingkat HDL yang rendah, dan lebih beresiko terkena serangan jantung atau stroke.

Memiliki tingkat LDL yang lebih rendah berarti bahwa Anda memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan masalah jantung. Dan itu adalah berita baik! Biasanya, kadar LDL kurang dari 100mg/dl menyiratkan tingkat optimal LDL sementara kadar LDL 190mg/dL atau lebih tinggi dapat menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan Anda.

Trigliserida adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh kita. Secara umum jika Anda memiliki tingkat trigliserida tinggi kemungkinan bahwa tingkat kolesterol total Anda juga akan tinggi, serta kadar kolesterol LDL Anda. Orang dengan tingkat trigliserida tinggi biasanya memiliki tingkat HDL yang rendah.

Tingkat optimal untuk trigliserida di bawah 150mg/dL. Anda dianggap beresiko jika tingkat trigliserida Anda lebih tinggi dari 500mg/dl. Faktor risiko untuk tingkat trigliserida tinggi termasuk obesitas, merokok, konsumsi alkohol, dan kurangnya aktivitas fisik. Diet karbohidrat tinggi juga dapat menyebabkan tingkat trigliserida yang tinggi.

Pengetahuan adalah kekuatan. Sekarang Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kadar kolesterol, apa yang akan Anda lakukan dengan informasi ini? Tujuan Anda harus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan yang buruk (LDL). Perubahan kecil dalam gaya hidup dan kebiasaan makan dapat membuat perbedaan besar.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment